Informasi Program Studi Ilmu Perpustakaan

Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UT ditawarkan untuk menyiapkan masyarakat menjadi pustakawan/pekerja informasi yang professional serta memiliki tingkat aplikasi keilmuan di bidang perpustakaan yang tinggi.

Pustakawan sebagai pekerja informasi sangat diperlukan di instansi pemerintah, baik di pusat maupun di daerah, BUMN serta perusahaan-perusahaan swasta. Kehadiran pustakawan sebagai pekerja informasi sangat mendukung penyelenggaraan suatu organisasi. Kekurangan jumlah pustakawan baik di sekolah-sekolah dasar dan menengah, perguruan tinggi, maupun di instansi pemerintah dan swasta di Indonesia diharapkan dapat diatasi dengan dibukanya program studi S1 Ilmu Perpustakaan STISIPOL Petta Baringeng.

Program studi  S1 Ilmu Perpustakaan untuk:

1. Menyediakan akses pendidikan tinggi di bidang ilmu perpustakaan yang berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat melalui Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (SPTJJ).
2. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi akademik dan atau profesional yang mampu bersaing di bidang ilmu perpustakaan.
3. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan berkelanjutan guna mewujudkan masyarakat berbasis pengetahuan.
4. Menghasilkan produk-produk akademik yang berkualitas di bidang ilmu perpustakaan melalui PTJJ.
5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengembangan sistem pendidikan jarak jauh di bidang ilmu perpustakaan.
6. Memanfaatkan dan mendiseminasi hasil kajian ilmu perpustakaan untuk menjawab pembangunan nasional.

Prospek kerja lulusan Jurusan Perpustakaan

Karena pada dasarnya ilmu perpustakaan ingin menjadikan lulusannya menjadi ahli informasi, jadi nantinya tidak hanya bekerja di perpustakaan menjadi seorang pustakawan, tetapi juga bisa bekerja di instansi-instansi pemerintahan maupun swasta. Karena dalam instansi tersebut pastinya banyak arsip dan dokumentasi yang perlu diolah dan disimpan, nah disini lulusan ilmu perpustakaan dapat menjadi arsiparis, ataupun dokumentalis. Apakah hanya itu? Tentu tidak, dengan disahkannya Undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan. Pengesahan Undang – undang No. 43 Tahun 2007 itu menunjukan meningkatnya perhatian pemerintah terhadap sektor manajemen informasi. Apalagi saat ini banyak bahkan ribuan perpustakaan yang belum memiliki tenaga pustakawan ahli lulusan pendidikan ilmu perpustakaan (S1) sehingga masih terbuka luas kesempatan untuk bekerja di perpustakaan. Terakhir nih, pekerjaan pustakawan merupakan salah satu pekerjaan yang mulia karena turut mencerdaskan bangsa dengan menyebarkan berbagai ilmu kapada semua orang melalui berbagai macam literatur di perpustakaan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.