Jenjang Pendidikan : Strata Satu (S-1)
SK Ijin Operasional : SK Dirjen Dikti Tentang Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi No. 11288/D/T/K-IX/2012 tanggal  2 April 2012
Gelar Lulusan : Sarjana Ilmu Komunikasi   (S. I.Kom)

Program Studi Ilmu Komunikasi (PSIK) merupakan salah satu Program Studi yang dibina STISIPOL Petta Baringeng Soppeng yang berkedudukan di Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan memikul tugas dan tanggung jawab untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Lokal sesuai kebutuhan pembangunan di bidang pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  sebagai bagian integral dari masyarakat ilmiah  yang bersifat universal.

Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan seni yang sangat cepat dan  kompleks mempengaruhi  Program Studi Ilmu Komunikasi (PSIK) untuk melakukan pembenahan dan revisi kurikulum. Revisi ini berdasarkan analisis kecenderungan perubahan lingkungan strategis baik lingkungan internal maupun lingkungan eksternal organisasi, sehingga diharapkan lulusan memiliki kualifikasi dan kompetensi yang dapat beradaptasi dengan kecenderungan permintaan pasar kerja pada sektor-sektor yang diasumsikan memiliki peluang pasar yang potensial terutama di lingkup pemerintahan dan di luar pemerintahan baik skala lokal, nasional maupun global. Faktor pengaruh dan instrument kritis yang dapat diantisipasi secara internal adalah melalui instrumen kurikulum ini.

Perkembangan  terkini  dalam  komunikasi terutama perkembangan industri teknologi informasi di bidang bisnis dan perusahaan, multimedia dan  pendidikan menuntut  penyesuaian  dan  pembaruan  dalam  kurikulum  Program Studi Ilmu Komunikasi (PSIK)  di perguruan tinggi. Kurikulum  Ilmu  Komunikasi  ini  diharapkan mampu  mengakomodasi  kebutuhan  nyata  di  dunia  industri dan wirausaha lainnya  dan  pada  saat yang  sama  juga  dirancang  untuk  mendorong  perkembangan  Ilmu Komunikasi  itu  sendiri sebagai ilmu dan seni.

 Ada  dua  aspek  yang  perlu  kita  perhatikan.  Aspek  pertama, menyangkut perangkat keras (hardware) atau produk teknologi informasi dan komunikasi.  Berbagai  produk  teknologi  yang  berkembang  pesat  akhir‐akhir ini  praktis  telah  menjelma  menjadi  medium‐medium  baru  dalam penyampaian informasi.  Aspek  kedua,  menyangkut  perangkat lunak (sofware), yaitu pergeseran  struktur  dan  mekanisme dalam industri media itu sendiri, yang mengakibatkan perubahan dalam nilai, pola  kerja  dan  operasional  industri  media.  Pergeseran  ini  terjadi  terutama karena  didorong  oleh  faktor‐faktor  lingkungan  global,  seperti  proses globalisasi, yang imbasnya mempengaruhi industri media di Indonesia.

Strategi revisi kurikulum dalam hal ini dilakukan berdasarkan kondisi internal Program Studi Ilmu Komunikasi (PSIK) dan kecenderungan kondisi eksternal berupa tantangan global dan permintaan pasar kerja tersebut serta memperhatikan kebijakan pemerintah mengenai komposisi dan kelompok mata kuliah merujuk Undang-Undang Pendidikan Tinggi No.12 tahun 2012, Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang  Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI) Indonesia, Permendikbud No.73 tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Pendidikan Tinggi, Permendikbud No. 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) Direktorat Jenderal Pendidikan dan Statuta STISIPOL Petta Baringeng Soppeng tahun 2016 – 2020.

Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi (PSIK)  ini adalah  seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pengajaran serta cara dan metode yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan proses belajar mengajar dan/atau pengalaman belajar yang diharapkan dapat diperoleh mahasiswa setelah mempelajari suatu paket program belajar tertentu.

Kurikulum ini disusun dan akan berlaku mulai tahun 2016 sampai tahun 2020 yang  bertujuan untuk memperbaiki kualifikasi dan kompetensi lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi (PSIK), mewujudkan tujuan pendidikan tinggi dengan memperhatikan tahap perkembangan peserta didik dan kesesuaiannya dengan lingkungan, kebutuhan masyarakat dan tetap memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan seni sesuai dengan jenjang dan program studi Ilmu Komunikasi.

Arah kajian program studi ini mencakup pengetahuan, pemahaman, keterampilan, analisis, dan sintesis yang dibutuhkan dalam teori dan seni berkomunikasi modern dan efektif yang konsen di bidang kajian Komunikasi Bisnis dan Perusahaan, Komunikasi Multimedia, dan Komunikasi Pendidikan

Visi:

“Menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia Timur Tahun 2020 Melalui Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang Menghasilkan Sumber Daya Manusia Berdaya Saing Tinggi, Mandiri dan Modern di Bidang Ilmu Komunikasi Bisnis dan Perusahaan, Multimedia dan Pendidikan”

Misi:
  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu komunikasi yang mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan dalam teori dan seni Komunikasi yang menghasilkan sumber daya manusia berdaya saing tinggi, mandiri dan modern di bidang kajian Komunikasi Bisnis dan Perusahaan, Multimedia dan Pendidikan;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian ilmu komunikasi dalam rangka pengembangan ilmu komunikasi khususnya dalam bidang kajian Komunikasi Bisnis dan Perusahaan, Multimedia dan Pendidikan;
  3. Mengembangkan sarana, prasarana laboratorium dan multimedia dalam menunjang kuantitas dan kualitas mutu pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi;
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorentasi pada kegiatan berbasis Teknologi Informasi dan Multimedia terutama di masyarakat lokal/daerah;
  5. Mengembangkan berbagai kerjasama dan jejaring dengan beberapa pihak dalam pengembangan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat baik di tingkat lokal, nasional maupun global;
Tujuan:
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi ilmu Komunikasi dan mempunyai etika keilmuan serta akhlak yang tinggi;
  2. Menghasilkan lulusan untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki integritas, kepribadian dan menguasai keilmuan serta keterampilan dalam ilmu komunikasi khususnya bidang kajian Komunikasi Bisnis dan Perusahaan, Multimedia dan Pendidikan;
  3. Menghasilkan lulusan dalam lapangan keilmuan Komunikasi yang siap bekerja dan berwirusaha serta dipertanggungjawabkan keahliannya;
  4. Menghasilkan lulusan yang mempunyai tingkat kepedulian yang tinggi, mampu beradaptasi terhadap lingkungan dan masyarakat sehingga menjadi bagian dari masyarakat yang mampu manjadi problem solver bagi diri dan lingkungannya.

Keunggulan Program StudI Ilmu Komunikasi (PSIK)  dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pasar industri perusahaan dan bisnis, persaingan multimedia, dunia pendidikan dan masyarakat global serta pengguna lulusan lainnya. Penekanan mata kuliah tidak hanya diberikan pada aspek pengetahuan dan pemahaman saja  (teori-teori Ilmu komunikasi), tetapi juga diberikan aspek analisis dan sintesis,  keterampilan dan sikap yang berbasis TI dan Multimedia agar ilmu Komunikasi dapat diaplikasikan di lembaga-lembaga baik pemerintahan, swasta maupun mengembangkan jiwa wirausaha secara mandiri.

Luaran Program Studi Ilmu Komunikasi (PSIK) STISIPOL Petta Baringeng Soppeng diharapkan kompeten di dalam menguasai teori dan seni berkomunikasi yang modern dan efektif yang konsen di bidang kajian Komunikasi Bisnis dan Perusahaan, Komunikasi Multimedia, dan Komunikasi Pendidikan.

Dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi, program studi ilmu pemerintahan memiliki keunggulan antara lain dalam hal: 1.    Proses belajar mengajar yang sudah menggunakan teknologi informasi, laboratorium berbasis multimedia. 2.    Dosen praktisi dengan pengalaman sesuai dengan bidangnya minimal Strata Dua (S2) yang berasal dari dalam dan luar negeri. 3.    Kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat 4.    Kegiatan ilmiah lainnya yang disinergikan dengan kebutuhan masyarakat yang mampu berjejaring di tingkat  lokal, nasional dan global.

Untuk menunjang kompetensi yang ingin dicapai, mahasiswa akan dibekali pengetahuan dan keterampilan melalui mata-mata kuliah berdasarkan semester pada table berikut ini:

SEMESTER I

No KODE NAMA MATA KULIAH SKS
1 293UU111 Pendidikan Agama 2
2 293UU112 Bahasa Inggris 2
3 293UU103 Bahasa Indonesia 2
4 293UU104 Pendidikan Kewarganegaraan dan Anti Korupsi 2
5 393PP201 Pengantar Ilmu Politik 3
6 393SS204 Dasar-Dasar Ilmu Sosial 3
8 293SS203 Azas – Azas Manajemen 2
9 293SS101 Dasar-Dasar Filsafat dan Logika 3
10 193SS501 Ekstrakurikuler I 1
Jumlah SKS 20

SEMESTER II

No KODE NAMA MATA KULIAH SKS
2 393PP205 Sistem Politik Indonesia 2
3 393IK301 Pengantar Ilmu Komunikasi 3
4 393IK401 Perkembangan Teknologi Komunikasi 3
5 Pengantar Ilmu Komputer 2
6 393SS205 Pengantar Ilmu Hukum 2
7 393SS209 Dasar-Dasar Ilmu Ekonomi 3
9 293SS102 Psikologi Sosial 2
10 193SS502 Ekstrakurikuler II 1
Jumlah SKS 18

SEMESTER III

No KODE NAMA MATA KULIAH SKS
1 393SS206 Statistik Sosial 3
2 393IK302 Dasar – dasar Teori Komunikasi 3
3 293IK303 Komunikasi Antar Pribadi 2
4 293IK304 Komunikasi Kelompok 2
5 293IK305 Komunikasi Massa 2
6 393IK306 Opini Publik dan Politik Pencitraan 3
7 393IK307 Sistem Komunikasi Indonesia 3
8 393IK308 Psikologi Komunikasi 3
Jumlah SKS 21

SEMESTER IV

No KODE NAMA MATA KULIAH SKS
1 293IK309 Komunikasi Bisnis dan Korporasi 2
2 293IK310 Komunikasi Multimedia dan Cyber Media 2
3 293IK311 Dasar – dasar Jurnalistik 2
4 293IK312 Dasar – dasar Public Relations 2
5 293IK313 Komunikasi Pendidikan 2
6 293IK314 Keterampilan Komunikasi: Lobby, Presentasi dan Negosiasi 2

MATA KULIAH PEMINATAN: Komunikasi Korporasi/Bisnis

7 393IK411 Teori-Teori Komunikasi Bisnis dan Perusahaan 3
8 393IK412 Promosi dan Periklanan 3

MATA KULIAH PEMINATAN: Komunikasi Multimedia

7 393IK421 Teori-Teori Komunikasi Multimedia 3
8 393IK422 Kebijakan Komunikasi Multimedia 3

MATA KULIAH PEMINATAN: Komunikasi Pendidikan

7 393IK431 Teori-Teori Komunikasi Pendidikan 3
8 393IK432 Komunikasi Pembelajaran dan Instruksional 3
Jumlah SKS 18

SEMESTER V

No KODE NAMA MATA KULIAH SKS
1 393IK315 Komunikasi Politik 3
2 393IK316 Sosiologi Komunikasi 3
3 393IK317 Komunikasi Visual 3
4 293IK318 Kebijakan dan Komunikasi Pembangunan 2
5 293IK319 Teknik Wawancara, Mencari dan Menulis Berita 2
6 393IK320 Desain Grafis 3

MATA KULIAH PEMINATAN: Komunikasi Bisnis dan Korporasi

7 393IK413 Komunikasi dan Prilaku Konsumen 3
8 393IK414 Sistem Informasi Bisnis 3

MATA KULIAH PEMINATAN: Komunikasi Multimedia

7 393IK423 Animasi Digital 3
8 393IK424 Desain dan Pengembangan Web/Portal 3

MATA KULIAH PEMINATAN: Komunikasi Pendidikan

7 393IK433 Komunikasi dan Dinamika Kelompok 3
8 393IK434 Tata Laksana Komunikasi Pendidikan 3
Jumlah SKS 22

SEMESTER VI

No KODE NAMA MATA KULIAH SKS
1 393IK321 Jurnalistik Media Online dan Konvensional 3
3 393IK322 Produksi Media 2
4 393IK323 Filsafat dan Etika Komunikasi 2
5 393IK324 Perkembangan Hukum Media Massa 2
6 393IK325 Teknik Survay Komunikasi 2

MATA KULIAH PEMINATAN: Komunikasi Bisnis dan Perusahaan

7 393IK415 Komunikasi dan Layanan Kualitas Prima 3
8 393IK416 Supervisi dan Audit Komunikasi Bisnis 3

MATA KULIAH PEMINATAN: Komunikasi Multimedia

393IK425 Tata Kelola dan Aplikasi E Government 3
393IK426 Kebijakan Komunikasi Multimedia di Indonesia 3

MATA KULIAH PEMINATAN: Komunikasi Pendidikan

7 393IK435 Teknologi Komunikasi Pendidikan 3
8 393IK436 Perencanaan Komunikasi Pendidikan 3
Jumlah SKS 17

SEMESTER VII

No KODE NAMA MATA KULIAH SKS
1 393IK326 Metode Penelitian Komunikasi 3
2 393IK327 Kapita Selekta Ilmu Komunikasi 3
3 293IK328 Komunikasi Visual 2
5 293IK329 Keterampilan Komunikasi: Penulisan Kreatif dan Press Release 2
6 393IK330 Magang Ilmu Komunikasi 4
7 393IK331 Kewirausahaan 2
8 293IK332 Keterampilan Komunikasi: MC dan Protokoler 2
Jumlah SKS 18

SEMESTER VIII

No KODE NAMA MATA KULIAH SKS
1 493SS503 KKNM 4
2 693SS504 Skripsi 6
Jumlah SKS 10
Jumlah Total SKS 144