Struktur organisasi STISIPOL PETTA BARINGENG SOPPENG  terdiri dari  Ketua dan dibantu oleh 3 (tiga) orang Wakil Ketua: (a) Wakil Ketua Bidang Akademik, (b) Wakil Ketua Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, dan (c) Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Ketua mempunyai tugas pokok memimpin penyelenggaraan pendidikan, pengajaran, pelatihan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta membina Dosen, Tenaga Penunjang Akademik, Tenaga Penunjang Non Akademik, Mahasiswa dan seluruh unsur-unsur yang berada di STISIPOL Petta Baringeng Soppeng.

Wakil Ketua Bidang Akademik mempunyai tugas pokok membantu Ketua dalam mengkoordinasikan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta memimpin pelaksanaan kegiatan pada Bagian Akademik dan Departemen/Jurusan/Prodi.

Wakil Ketua Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, mempunyai tugas pokok membantu Ketua dalam memimpin pelaksanaan kegiatan administrasi bidang umum dan Keuangan yang akuntabel dan transparan. Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Keuangan bertanggung jawab terhadap pengembangan lembaga, mengelola peningkatan mutu, mengelola keuangan, dan sumber daya manusia.

Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Alumni  mempunyai tugas pokok membantu Ketua dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir Alumni. Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Alumni juga bertanggung jawab untuk membangun jaringan kerjasama dengan berbagai pihak, sehingga terjadi kesinambungan antara lapangan kerja dengan lulusan STISIPOL Petta Baringeng Soppeng.

Selanjutanya, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Petta Baringeng Soppeng mempunyai Senat STISIPOL PETTA BARINGENG SOPPENG yang merupakan badan normatif tertinggi di lingkungan Sekolah Tinggi, dan mempunyai tugas pokok untuk :

  1. Merumuskan arah kebijakan akademik, administrasi, keuangan dan pengembangan institusi,
  2. Merumuskan arah kebijakan penilaian prestasi akademik dan kecakapan serta kepribadian civitas akademika,
  3. Merumuskan norma dan tolok ukur penyelenggaraan pendidikan tinggi,
  4. Memberikan pertimbangan dan persetujuan terhadap Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja STISIPOL PETTA BARINGENG SOPPENG yang diajukan oleh Ketua,
  5. Menilai pertanggungjawaban Ketua atas pelaksanaan arah kebijakan yang telah ditetapkan,
  6. Merumuskan peraturan pelaksanaan kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan di institusi,
  7. Memberikan pertimbangan pembukaan atau penutupan Departemen, Program Studi, termasuk program Pascasarjana.
  8. Memberikan pertimbangan kepada Ketua untuk diteruskan kepada Menteri mengenai calon-calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi Ketua,
  9. Memberikan pertimbangan kepada Ketua tentang calon-calon Wakil Ketua, Ketua Departemen/Jurusan/Prodi, dan Kepala Unit,
  10. Memberikan pertimbangan kepada Ketua tentang kenaikan pangkat lektor kepala dan guru besar,
  11. Menegakkan norma-norma yang berlaku bagi civitas akademika,
  12. Menyelenggarakan upacara pengukuhan guru besar, dies natalis dan wisuda,
  13. Mengukuhkan pemberian gelar Doktor Kehormatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,
  14. Memberikan pertimbangan dan persetujuan terhadap usul program kerja Ketua tentang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, pemanfaatan aset institusi dan kerjasama dengan pihak lain.

STISIPOL PETTA BARINGENG SOPPENG mempunyai tiga  (3) Departemen  yang merupakan satuan pelaksana pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat: Departemen dipimpin oleh Ketua Departemen dengan dibantu oleh seorang Sekretaris Departemen dan staff.

Selanjutnya, STISIPOL PETTA BARINGENG SOPPENG juga mempunyai Lembaga  Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M). Lembaga  Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) merupakan unsur pelaksana yang mengkoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh Pusat-pusat Penelitian dan kegiatan-kegiatan penelitian lainnya, serta ikut mengusahakan dan mengendalikan sumber daya yang diperlukan. Lembaga  Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) dipimpin oleh seorang Kepala dan dibantu oleh seorang Sekretaris. Lembaga Penelitian dilengkapi dengan tenaga ahli dan tenaga administrasi.

STISIPOL PETTA BARINGENG SOPPENG  juga memiliki Unit Pelaksana Tugas (UPT) yang terdiri dari:

  1. Unit Pelaksana Tugas (UPT) Perpustakaan,
  2. Unit Peningkatan dan Penjaminan Mutu Akademik (UPPMA),
  3. Unit Pengembangan Sumber Belajar (UPSB) yang berfungsi meningkatkan, mengembangkan, dan memfasilitasi proses pembelajaran,
  4. Laboratorium Komputer dan Bahasa,
  5. Masing-masing unit/pusat tersebut dipimpin oleh seorang Ketua/Kepala dan dibantu oleh beberapa staff.

Untuk mendukung dan melaksanakan administrasi,  STISIPOL PETTA BARINGENG SOPPENG memiliki:

  1. Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK),
  2. Bagian Administrasi Umum (BAU),
  3. Bagian Kepegawaian dan Keuangan (BKK),
  4. Operator PDPT.